Headline
SELAMAT DATANG DI SITUS MTS NEGERI 3 CIAMIS # VISI MTsN 3 Ciamis : "Terwujudnya Tatanan Madrasah yang INDAH BERSEMI (Islamis, Nasionalis, Demokratis, berAkhlakmulia, Hebat, Bermartabat, Selaras, Moderat, dan Inovatif, Bebasis Kearifan lingkungan Hidup) # MISI MTsN 3 Ciamis : 1. Mewujudkan warga madrasah yang berjiwa Islamis, dengan mengamalkan nilai nilai Ajaran Agama Islam secara nyata, berhubungan vertikal dengan Alloh SWT, horizontal dengan sesama manusia maupun secara diagonal dengan lingkungan hidup. 2. Mewujudkan warga madrasah yang berjiwa nasionalisme dan memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa serta memiliki kepekaan terhadap pelestarian lingkungan hidup. 3. Mewujudkan lingkungan madrasah yang demokratis dan berbudaya dalam suasana kekeluargaan yang harmonis. 4. Mewujudkan karakter peserta didik yang beahkak mulia terhadap sesama maupun alam sekitar dalam menjaga dan melestarikannya. 5. Meningkatkan keunggulan dalam prestasi akademik maupun non akademik melalui pembinaan yang intensif serta keasrian dan kebersihan lingkungan madrasah dengan mewujudkan madrasah adiwiyata. 6. Meningkatkan kualitas lulusan peserta didik yang produktif dan berdaya saing didukung oleh lingkungan madrasah yang bersih, hijau, sehat dan nyaman. 7. Meningkatkan hubungan kerjasama antara warga madrasah dengan lingkungan masyarakat dan lembaga lain melalui berbagai kegiatan yang positif. 8. Memperkuat kualitas moderasi beragama dan kerukunan antar warga madrasah. 9. Meningkatkan kreatifitas untuk menghasilkan sesuatu yang baru atau lebih baik. 10. Mewujudkan lingkungan madrasah yang hijau, bersih, sehat, aman dan nyaman dalam rangka mendukung Madrasah Adiwiyata.

MTsN 3 Ciamis Menuju Madrasah Adiwiyata

Written By MTs Negeri 3 Ciamis on Jumat, 13 Mei 2022 | Mei 13, 2022

 

MTsN 3 CIAMIS MENUJU MADRASAH ADIWIYATA

 

                     Oleh  : Gun Gun Nurul Huda, SE


       Sekolah Adiwiyata adalah program pemerintah yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia melalui melalui Peraturan Menteri LHK no 52 tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Sedangkan makna dari ADIWIYATA itu sendiri adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. 

  Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah merupakan program yang dikembangkan di tingkat internasional. Green School lebih bermakna pada pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hal ini diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya. Termasuk di dalamnya program “Greening The Curriculum”, kurikulum hijau, artinya kurikulum yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan dalam bahasannya serta mengintegrasikan materi lingkungan ke dalam pembelajarannya, sesuai dengan topik bahasannya.

Kata ADIWIYATA berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu dari kata ADI yang berarti besar, agung, baik, ideal atau sempurna dan kata WIYATA yang berarti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. Sedangkan ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ciamis saat ini sedang berbenah bahu membahu bersama seluruh stakeholder Madrasah untuk senantiasa bersinergi dan terus menjalin komunikasi yang baik dalam mewujudkan madrasah yang berwawasan lingkungan hidup, untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti program adiwiyata sekolah tingkat Kabupaten,

Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Ciamis, merupakan salah satu Lembaga Pendidkan Islam di wilayah Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis sesuai dengan Visi MTsN 3 Ciamis Yaitu “ Terwujudnya Tatanan Madrasah yang INDAH BERSEMI (Islamis, Nasionalis, Demokratis, berAkhlaq Mulia, Hebat, Bermartabat, Selaras, Moderat dan Inovatif berbasis Kearifan Lingkungan Hidup). Dari Visi tersebut diharapkan dapat mencetak generasi yang aktif, kreatif dan memiliki komitmen yang tinggi untuk senantiasa menjaga bumi dan alam semesta berdasarkan legitimasi ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits, tidak lain adalah untuk merealisasi idealitas islami yang pada hakikatnya yakni mengandung nilai perilaku manusia didasari atau dijiwai oleh iman dan takwa kepada Allah sebagai sumber kekuasaan mutlak yang harus ditaati, mampu merubah prilaku, nilai, dan pemahaman tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup agar tetap berkualitas nyaman, aman dan sehat. Dan hal terpenting adalah bagaimana madrasah berusaha memberikan pemahaman terhadap siswa dan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup sehingga menjadi karakter dan kebiasaan bagi siswa pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Karakter peduli lingkungan diharapkan dapat mendorong kebiasaan mengelola lingkungan, menghindari sifat merusak lingkungan, memupuk kepekaan terhadap lingkungan, menanam jiwa peduli dan tanggungjawab terhadap lingkungan, serta siswa dapat menjadi contoh penyelamat lingkungan dimanapun ia berada.

 

TUJUAN DARI MADRASAH ADIWIYATA

 

a. Tujuan Umum : membentuk Madrasah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

b. Tujuan Khusus : mewujudkan warga Madrasah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola Madrasah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan

 

PRINSIP DASAR PROGRAM ADIWIYATA

 

1. Edukatif, prinsip ini mendidik programer Adiwiyata untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan pembangunan karakter peserta didik agar mencintai lingkungan hidup, baik lingkungan dalam Madrasah, di rumah dan di masyarakat luas.

2. Partisipatif, komunitas Madrasah harus terlibat dalam manajemen Madrasah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran. Partisipatif ini juga merupakan sebuah sikap yang harus dituntujukkan kepada lingkungan sekitar Madrasah dari komite sampai pemerintahan setempat, harus dilibatkan, agar pelestarian lingkungan hidup dari Madrasah bisa berdampak ke lingkungan sekitar.

3. Berkelanjutan, seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif/berkesinambungan.

 

KOMPONEN UNTUK MENCAPAI TUJUAN MADRASAH ADIWIYATA

 

1.   Kebijakan Berwawasan Lingkungan

a.  Visi dan Misi Madrasah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

b.  Kebijakan Madrasah dalam mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup.

c.  Kebijakan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik Pendidikan maupun tenaga  Kependidikan dibidang Pendidikan Lingkungan Hidup.

d.  Kebijakan Madrasah dalam hal penghematan Sumber Daya Alam

e. Kebijakan Madrasah yang mendukung terciptanya Lingkungan Madrasahh yang Bersih dan  Sehat.

f.  Kebijakan Madrasah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan lingkungan hidup

2.  Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan

a.  Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran,

b. Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar,

c.  Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya,

d.  Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.

3.  Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif

a. Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di Madrasah,

b.  Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar,

c. Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di Madrasah.

4.  Pengelolaan Sarana Pendukung Marasah yang Ramah Lingkungan

a. Pengembangan fungsi sarana pendukung Madrasah yang ada untuk pendidikan   lingkungan hidup,

b.   Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan Madrasah,

c.   Penghematan sumberdaya alam (listrik, air dan ATK),

d.   Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat,

e.   Pengembangan sistem pengelolaan sampah.

 

MANFAAT MENGIKUTI PROGRAM ADIWIYATA

 

a.    Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.

b.    Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional Madrasah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.

c.     Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih 

       nyaman  dan kondusif.

d.   Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan 

       lingkungan hidup yang baik dan benar bagi  warga Madrasah dan masyarakat sekitar.

e.  Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di Madrasah.

 

PENGHARGAAN ADIWIYATA

 

Adapun penghargaan dalam program ADIWIYATA terbagi dalam 3 kategori yaitu :

1.   Sekolah Adiwiyata Mandiri,

Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut. Meski demikian pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Sebagaimana disebutkan diatas, penghargaan adiwiyata tahapan pemberdayaan (selama kurun waktu kurang dari 3 tahun) dan tahap kemandirian (selama kurun waktu lebih dari 3 tahun).

2.  Sekolah Adiwiyata,

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup

3.  Sekolah Calon Adiwiyata.

Calon Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang dinilai telah berhasil dalam pengembangan lingkungan hidup

 


0 komentar:

Posting Komentar